KETUA DPRD : DPRD KABUPATEN SUBANG RAMPUNGKAN 10 PERDA SELAMA TAHUN 2021



Sesuai dengan fungsi kelembagaannya, DPRD adalah lembaga legislatif mitra Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas salah satunya adalah pembuat Undang Undang/Peraturan Daerah (PERDA) atau fungsi Legislating, dalam kurun waktu satu tahun DPRD Kabupaten Subang sukses merampungkan sebanyak 10 lebih peraturan daerah (Perda).

Dalam perjalanannya selama tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Subang berdasarkan surat dari Bupati Subang Nomor HK.02.01/3678, tanggal 10 Desember 2020 perihal Pengajuan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Subang Tahun 2021, pihak eksekutif mengajukan 2 buah Raperda tambahan yaitu Raperda Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. yang diprakarsai oleh Bagian Perekonomian Setda Pemkab. Subang dan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah yang diprakarsai oleh BKAD Subang sehingga dari Target Propemperda sebanyak 13 Raperda di 2021 menjadi 15 dengan tambahan tersebut.

Ketua DPRD Subang H. Narca Sukanda, S.Sos menyebut, perda-perda yang berhasil diselesaikan oleh legislatif itu mencakup perda-perda yang wajib dan perda inisiatif DPRD.
"Ada 10 lebih perda yang berhasil kami selesaikan selama tahun 2021 ini," kata Narca,

Untuk perda-perda wajib, seperti KUA PPAS, RAPBD murni dan perubahan, LKPj, maupun LPj, menurut Narca jelas sudah beres.

Selain perda wajib yang totalnya sekitar 6 perda, sambung Narca, pihaknya juga menyelesaikan perda-perda inisiatif, diantaranya Perda Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perda Rencana Induk Pariwisata Kabupaten, Perda Perlindungan Dan Pelayanan Anak, dan Perda Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk.

"Perda penyertaan modal ke bank Bjb ini penting untuk meningkatkan PAD Subang, karena ada dividen dari Bjb untuk Pemkab, misalnya tahun kemarin saja Bjb memberi dividen berupa truk sampah," pungkasnya.

 

Source : http://setwandprdsubang.com/berita/detail/ketua-dprd--dprd-kabupaten-subang-rampungkan-10-perda-selama-tahun-2021